Minggu, 06 Maret 2016

Tips Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan




Musim hujan menjadikan jalanan menjadi lebih licin dan pandangan sedikit terhalang. Karena itu saat turun hujan pemilik sepeda motor harus berhati-hati saat berkendara. Selain meningkatkan kewaspadaan, pemilik kendaraan sepeda motor juga perlu memperhatikan perawatan motor ketika memasuki musim hujan agar motor selalu dalam kondisi prima dan tidak ngadat saat dikendarai.

Pada dasarnya perawatan sepeda motor saat musim panas dan hujan tidak jauh berbeda, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama untuk motor matik yaitu area CVT.

Setidaknya ada 3 poin penting melakukan perawatan motor di saat menghadapi musim hujan. Ketiga poin tersebu adalah:

1. Jika motor sudah terkena air hujan, maka segeralah bilas sepeda motor dengan air sumur/tanah. Karena air hujan mengandung asam yang akan menyebabkan karat atau cat sepeda motor menjadi rusak.

2. Biasanya rantai akan cepat kering jika sudah digunakan pada kondisi hujan. Karena itu beri pelumas pada rantai.

3. Jangan meletakkan jas hujan (biasanya jenis ponco) di depan lampu utama karena akan menyebabkan lensa lampu utama menjadi mengerut/berubah bentuk.

Adapun komponen sepeda motor yang harus diperhatian saat musim hujan diantaranya:

1. Selalu periksa kondisi ban. Pastikan kondisi ban dalam kondisi yang baik. Perhatikan ketebalan dan tekanan angin ban dalam kondisi yang standar untuk mencegah slip.

2. Periksa kondisi rem depan dan belakang, bersihkan rem dari debu, dan lakukan penggantian jika sudah aus/masa pakai habis.

3. Pastikan pada bagian kelistrikan terlindungi dengan baik, untuk menghindari terjadinya short/konslet.


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar